Gugup


        Berbicara mengenai judul yang akan saya bahas, mungkin sebagian orang merasakannya. Karena gugup adalah sesuatu yang lumrah. Kita dapat merasakannya ketika kita baru pertama kali melakukan suatu hal, atau mungkin ketika berbicara di depan banyak orang, dan memang kebanyakan orang merasa gugup ketika berbicara di depan banyak orang terlebih kita belum mengenal mereka. 

Hal itu juga saya rasakan, namun ada hal yang berbeda ketika itu terjadi kepada saya. Banyak orang mengartikan ketika seseorang gemetaran di depan umum atau ketika berbicara di depan umum, mereka sedang gugup. Namun saya merasakan lain. Saya tidak gugup sejujurnya. Dan saya merasa plong ketika berbicara di depan umum. Tapi ada yang aneh, saya tetap gemetaran terutama tangan saya ketika berbicara di depan umum. Wajarkah itu ?

Ketika saya tanyakan ke banyak teman hal itu wajar. Ya, wajar, ketika saya masuk SMP. Tetapi kini saya sudah mahasiswa. Dan sejujurnya ketika kelas 2 SMP saya sudah tidak merasa gugup lagi di depan banyak orang.  

Mungkin saja saya gugup, hanya saja psikologis dan hati saya ingin kalau saya tidak gugup. Yah mungkin ini pendapat yang bisa saya terima. Karena memang saya tidak ingin gugup ketika di depan banyak orang. Walaupun memang terasa berat ketika kita di hadapkan untuk mengatasi gugup di depan banyak orang. Mungkin ada sedikit saran dari saya untuk mengatasi gugup. Cobalah untuk tidak menghindar dari pendengar. Tatap mata mereka ketika kita ingin berkomunikasi. Karena komunikasi mata memang sungguh besar pengaruhnya ketika kita berbicara kepada seseorang.


0 komentar to "Gugup"

Posting Komentar

Anda boleh menyebarluaskan dengan memberi link blog ini pada sumber. Diberdayakan oleh Blogger.

Followers

Web hosting for webmasters