pengenalan algoritma

sedikit curhat : ah mungkin sedikit terlambat (atau sangat terlambat) saya mempostingnya karena materi ini sudah seminggu yang lalu, wah sudah cukup basi ya sebenarnya, tapi nggak apalah bisa di angetin.

     Sebelum memasuki lebih lanjut, ada baiknya jika kita mengerti sejarahnya algoritma, berdasarkan wikipedia di sebutkan
"Kata algoritma berasal dari latinisasi nama seorang ahli matematika dari Uzbekistan Al Khawārizmi (hidup sekitar abad ke-9), sebagaimana tercantum pada terjemahan karyanya dalam bahasa latin dari abad ke-12 "Algorithmi de numero Indorum". Pada awalnya kata algorisma adalah istilah yang merujuk kepada aturan-aturan aritmetis untuk menyelesaikan persoalan dengan menggunakan bilangan numerik arab (sebenarnya dari India, seperti tertulis pada judul di atas). Pada abad ke-18, istilah ini berkembang menjadi algoritma, yang mencakup semua prosedur atau urutan langkah yang jelas dan diperlukan untuk menyelesaikan suatu permasalahan."

     Dari kutipan di atas kita bisa menyimpulkan bahwa algoritma adalah urutan-urutan langkah logis penyelesaian masalah yang disusun secara sistematis dan logis. Kata logis merupakan kata kunci dalam algoritma. Langkah-langkah dalam algoritma harus logis dan dapat ditentukan nilai benar atau salahnya.

     Di masyarakat sedikit terjadi kesalahan dalam pengambilan contoh algoritma, sebagai contoh terkadang ada beberapa yang mengatakan bahwa resep masakan merupakan algoritma, tetapi sebenarnya bahwa resep masakan bukanlah algoritma karena walaupun kita telah melakukan hal yang sama sesuai resep namun hasil akhir dapat berbeda, sedangkan dalam algoritma sendiri jika prosesnya sama maka hasilnya pun pasti sama

     Dalam penulisan algoritma terdiri dari tiga tahap, yaitu :
1. kepala algoritma (berisi penjelasan seperlunya)
2. deklarasi (berisi variabel yang terlibat)
3.deskripsi (berisi detail algoritma)


contoh :

     Dalam sub posting ini, saya ingin berbagi materi algoritma dan pemrograman dan program yang saya pakai untuk menterjemahkan algoritma adalah borlan c++. Tunggu saja kelanjutan postingannya, dan akan disertakan contoh-contoh algoritma dan programnya.


0 komentar to "pengenalan algoritma"

Posting Komentar

Anda boleh menyebarluaskan dengan memberi link blog ini pada sumber. Diberdayakan oleh Blogger.

Followers

Web hosting for webmasters